Ujian Kode Etik Notaris 2019

Ujian Kode Etik Notaris 2019

INFO PENTING

Sehubungan dengan telah terbit Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 19 tahun 2019 tentang Pengangkatan, Pemberhentian dan Perpindahan Wilayah Jabatan Notaris, PENGURUS PUSAT IKATAN NOTARIS INDONESIA (PP-INI) akan melaksanakan Ujian Kode Etik Notaris (UKEN) periode tahun 2019, yang akan diselenggarakan secara serentak di 11 (sebelas) wilayah PENGURUS WILAYAH IKATAN NOTARIS INDONESIA yaitu Wilayah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur.

UKEN tersebut Insya Allah akan dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa pada tanggal 28 dan 29 Oktober 2019

Kepada para calon peserta Ujian Kode Etik Notaris periode tahun 2019, sesuai dengan ketentuan Pasal 2 Peraturan Perkumpulan Nomor 15 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan Kode Etik, harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Telah terdaftar sebagai Anggota Luar Biasa INI;
  2. Sudah menjalani magang di kantor Notaris Minimal selama 24 bulan yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Magang dari Notaris yang menerima magang dan diketahui oleh Pengurus Daerah INI setempat;
  3. Telah mengikuti Magang Bersama sebanyak 4 kali yang memuat materi 4 Semester dari kurikulum Magang yang dibuktikan dengan Sertifikat Magang dari INI; dan
  4. Telah mengumpulkan sekurang-kurangnya 18 (delapan belas) poin dari kegiatan yang diselenggarakan oleh Ikatan Notaris Indonesia.

Adapun biaya yang dikenakan kepada Peserta, sesuai dengan Pasal 5 Peraturan Perkumpulan Nomor 15 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan Kode Etik, yaitu sebesar : Rp1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah).

Pendaftaran peserta Ujian Kode Etik Notaris periode tahun 2019, akan dilakukan secara online melalui link pendaftaran yang tersedia pada akun ALB masing-masing.
Informasi dan tata cara pendaftaran serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Kode Etik Notaris Periode Tahun 2019 tersedia pada website ini.id sejak tanggal 28 September 2019.

Demikian agar menjadi maklum, dan atas perhatian serta kerjasamanya diucapkan terima kasih.