PENGUMUMAN PENGUMUMAN

Penjelasan Seputar Kartu Tanda Anggota Ikatan Notaris Indonesia ("KTA INI")

Sehubungan dengan pengumuman Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) tanggal 7 November 2017, berkaitan dengan pembayaran PNBP pada layanan AHU Online dengan menggunakan KTA INI yang mulai diberlakukan tanggal 1 Januari 2018, dengan ini disampaikan hal-hal sebagai berikut:

  1. AHU telah meminta PP-INI untuk memberikan nomor KTA kepada setiap Notaris yang terdaftar pada AHU dengan jumlah kurang lebih 16.000 Notaris.
  2. Nomor KTA tersebut diberikan secara sistem dan terhadap setiap Notaris terdaftar tersebut juga akan diberikan nomor rekening dari BNI yang terintegrasi dengan KTA INI.
  3. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, proses pendaftaran nomor KTA yang selama ini dilakukan melalui web ini.id secara mandiri tidak diperlukan lagi.
  4. Bagi Notaris yang telah mendaftarkan KTA INI di cabang BNI setempat, secara otomatis dapat langsung melakukan transaksi di AHU Online per tanggal 1 Januari 2018, Sedangkan bagi Notaris yang belum mendaftarkan KTA INI, dapat mendaftarkan diri ke cabang BNI terdekat dengan prosedur yang akan diumumkan segera secara terpisah.
  5. Terhitung sejak tanggal 1 Januari 2018, bagi rekan-rekan notaris yang akan melakukan transaksi pembayaran PNBP melalui AHU Online harus memastikan saldo pada rekening BNI yang terdaftar dengan KTA INI mencukupi, karena akan dilakukan pendebetan otomatis secara sistem dengan aplikasi yang dikembangkan oleh BNI. Transaksi tersebut tetap dapat dilaksanakan walaupun KTA INI secara fisik belum diterima.
  6. Informasi teknis atas pelaksanaan pembayaran PNBP pada AHU Online dengan menggunakan KTA INI, akan diumumkan (disosialisasikan) melalui web, sms, dan email kepada semua Notaris sesuai dengan data yang ada di AHU Online dan akan disiapkan helpdesk yang terkoordinasi antara AHU, BNI, dan PP-INI.
  7. Kelengkapan data Anggota yang menjadi persyaratan keanggotaan INI tetap wajib dilakukan setelah 1 Januari 2018, melalui update (pembaharuan) data dalam akun masing-masing anggota pada web resmi PP-INI.

Demikianlah pengumuman ini disampaikan untuk menjawab pertanyaan sebagian besar anggota yang mengalami kesulitan dalam pengajuan pendaftaran KTA melalui website INI.

Humas PP-INI

22 Desember 2017