PENGURUS PUSAT IKATAN NOTARIS INDONESIA
(PP-INI)
PEMBERITAHUAN
TATA CARA PENDAFTARAN ANGGOTA LUAR BIASA
IKATAN NOTARIS INDONESIA

 

Sesuai Keputusan Rapat Pleno Pengurus Pusat Yang Diperluas di Solo tanggal 23 Oktober 2014 yang kemudian diatur dalam Pasal 4 ayat (2) Anggaran Rumah Tangga Hasil Rapat Pleno Pengruus Pusat Yang Diperluas di Balikpapan tanggal 12 Januari 2017, bahwa :

Tata cara menjadi anggota luar biasa adalah dengan mengajukan permohonan kepada Pengurus Pusat dengan mengisi formulir pendaftaran secara online melalui  website  resmi Ikatan Notaris Indonesia (ini.id) dengan mengirimkan softcopy berupa  :

  1. Kartu Tanda Penduduk;
  2. Ijazah pendidikan kenotariatan;
  3. Pasfoto terakhir dengan latar belakang warna merah ukuran 2 x 3;
  4. bukti lulus ujian pendaftaran;
  5. bukti pelunasan uang pangkal;
  6. Surat Pernyataan untuk tunduk dan taat pada Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan Kode Etik Notaris, serta peraturan lain yang telah dan yang akan ditetapkan oleh Perkumpulan.

Besar uang pangkal bagi Anggota Luar Biasa berlaku sama untuk seluruh daerah/wilayah kepengurusan INI, yaitu sebesar Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) yang dikirimkan ke rekening khusus atas nama Ikatan Notaris Indonesia, BNI Kantor Cabang Jakarta Menteng No.rek. 0401913380.

Berkenaan dengan itu, lakukan langkah-langkah di bawah ini, untuk mendaftar sebagai Anggota Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia, yaitu sebagai berikut:

1. Baca dan pahami pemberitahuan dan tata cara pendaftaran dengan baik.
2. Siapkan data yang diperlukan sebelum mengisi formulir pendaftaran.
3. Mengisi formulir pendaftaran yang tersedia di web ini selengkap-lengkapnya, antara lain data yang harus diisi :

a. Nama Lengkap (sesuai Ijazah Pendidikan Kenotariatan)
b. Alamat Rumah
c. Nomor KTP
d. Tempat Lahir
d. Tanggal Lahir
e. Nomor Telepon dan HP
f. E-mail
g. Tanggal dan Tahun Ijazah Pendidikan S1
h. Asal Universitas Pendidikan S1
i. Tanggal dan Tahun Ijazah Pendidikan Kenotariatan
j. Asal Universitas Pendidikan Kenotariatan


Catatan :
- Data e-mail agar diisi dengan e-mail yang masih digunakan/valid, karena pemberitahuan selanjutnya akan dikirimkan melalui e-mail Sdr.
- Data yang tidak diisi mengakibatkan sistem tidak bisa memroses pengajuan pendaftaran Sdr.


4. Unggah (upload) pasfoto Sdr. yang berukuran 3x4 berwarna dengan latar belakang warna merah, dengan ukuran file sebesar :2 MB
5. Unggah (upload) berkas kelengkapan pendaftaran yang terdiri dari :

  • KTP (hasil scan dari asli yang telah dibubuhi cap/stempel Pengurus Daerah); 
  • Ijazah Sarjana Hukum (S1) (hasil scan dari asli yang telah dibubuhi cap/stempel Pengurus Daerah);
  • Ijazah Pendidikan Kenotariatan hasil scan dari asli yang telah dibubuhi cap/stempel Pengurus Daerah);
  • Bukti Lulus Ujian Pendaftaran (hasil scan dari aslinya);
  • Surat Pernyataan untuk tunduk dan taat pada Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, dan Kode Etik Notaris, serta peraturan lain yang telah  dan yang akan ditetapkan oleh Perkumpulan.

6. Apabila sudah diisi dengan lengkap, kirim formulir dengan mengklik “kirim”. Jangan mengirimkan formulir pendaftaran berulang-ulang dengan mengklik “kirim” berkali-kali.
7. Akan muncul kalimat/jawaban “Terima kasih, data anda sudah tersimpan pada database kami” berarti formulir anda sudah diterima dan tidak perlu diulang-ulang kembali.
8. Pemberitahuan sudah diterimanya pengajuan pendaftaran Saudara juga akan dikirimkan melalui e-mail Saudara, beserta pemberitahuan agar melakukan pembayaran uang pangkal sebesar Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah).
9. Setelah melakukan pembayaran, klik menu “konfirmasi pembayaran” dan isi kolom yang diminta, antara lain :

    a. Tanggal pembayaran
    b. Nomor referensi pembayaran

10. Pengurus Pusat akan melakukan verifikasi baik data pengajuan pendaftaran maupun pembayaran yang diterima. Apabila Saudara telah memenuhi seluruh persyaratan, maka Pengurus Pusat akan mengirimkan e-mail yang berisi PIN dan NOMOR REGISTRASI yang harus disimpan, karena PIN dan NOMOR REGISTRASI tersebut akan menjadi syarat untuk pendaftaran Ujian Kode Etik Notaris.
Selain berisi PIN dan NOMOR REGISTRASI, email juga berisi link untuk mencetak Surat Keterangan Keanggotaan Luar Biasa, yang dapat Saudara cetak sendiri.
11. Dengan terbitnya Surat Keterangan Keanggotaan Luar Biasa, maka Saudara telah menjadi Anggota Luar Biasa Ikatan Notaris Indonesia.


Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia 

Januari 2018

 

 


PROSEDUR PERMOHONAN
PEMBUATAN KARTU TANDA ANGGOTA IKATAN NOTARIS INDONESIA (KTA-INI)

SECARA ELEKTRONIK MELALUI WEBSITE RESMI INI ( INI.ID)
 

A. ANGGOTA YANG SUDAH TERDAFTAR DAN MEMILIKI PASSWORD :

(1).Login di website INI.ID dengan memilih menu "MASUK"

(2). Melengkapi seluruh data termasuk data Wilayah, Pengda , pilihan Kantor Cabang BNI terdekat dimana KTA INI akan diambi/diproses dan” WAJIB” mencentang tanda (v) pada kotak Permohonan KTA INI.

(3). Anggota yang sudah memenuhi persyaratan akan diberikan Nomor KTA INI oleh PP-INI dan  akan diproses lebih lanjut oleh BNI 46 .

(4). PP INI akan mengirimkan melalui email kepada anggota setelah mendapatkan konfirmasi dari BNI 46 perihal informasi pembukaan  rekening dan jadwal pengambilan KTA INI dengan jangka waktu pengambilan maksimum 30 hari kerja .

(5) Pengambilan buku tabungan oleh anggota di cabang BNI 46 sesuai pilihan Anggota dengan setoran awal minimal Rp. 500.000,00 ( lima ratus ribu Rupiah ) .           

(6). Pengambilan KTA INI akan dilakukan sesuai kesepakatan antara anggota dan BNI 46 pada saat pengambilan buku tabungan.                     

B. ANGGOTA YANG SUDAH TERDAFTAR TETAPI BELUM  MEMILIKI PASSWORD  :

(1). Masuk ke  menu “Pendaftaran Anggota” di website INI.ID dengan memasukkan email yang terdaftar dan password akan secara otomatis dikirim ke email tersebut.

(2).Langkah selanjutnya mengikuti alur pada point A diatas.

C. ANGGOTA YANG BELUM TERDAFTAR  

(1). Masuk pada menu “Pendaftaran Anggota” di website INI.ID dan memasukkan email yang diinginkan dilanjutkan masuk ke halaman pendaftaran anggota baru.

(2).Mengisi data yang diminta dan upload dokumen sesuai yang diminta

(3). Sekretariat PP INI akan melakukan verifikasi data tersebut.

(4). Setelah data diverifikasi, maka Sekretariat PP INI  akan mengirimkan password ke email anggota yang sudah terdaftar pada website.

(5).Langkah selanjutnya mengikuti alur pada  point A diatas.
 

PP INI tidak memungut biaya dalam penerbitan KTA INI .
 
 
 
Jakarta,  Februari 2017
 
PENGURUS PUSAT
IKATAN NOTARIS INDONESIA


PROSEDUR PERMOHONAN PEMBUATAN KARTU TANDA ANGGOTA IKATAN NOTARIS INDONESIA (KTA-INI) SECARA ELEKTRONIK MELALUI WEBSITE RESMI INI ( https://ini.id/ )

A.  ANGGOTA YANG SUDAH TERDAFTAR DAN MEMILIKI USER NAME (Email) & PASSWORD

  1. Login di website ( http://ini.id/ ) dengan memilih menu "MASUK".
  2. Melengkapi seluruh data termasuk data Wilayah, Pengda, pilihan Kantor Cabang BNI terdekat dimana KTA INI akan diambil/diproses dan” WAJIB” mencentang/memberi tanda (Ö) pada kotak Permohonan KTA INI. Anggota wajib mengunggah (upload) SK, BA, KTP dan pas foto dan kemudian klik submit.
  3. Anggota yang sudah melengkapi pengisian data sebagaimana angka 2 dan klik submit, akan mendapatkan Nomor KTA INI oleh PP-INI. Kemudian anggota dapat mengunduh Surat Pengantar Permohonan KTA dengan meng-klik “Cetak Pengajuan KTA” pada halaman Beranda.
  4. Surat Pengantar Permohonan KTA diserahkan kepada BNI sesuai Cabang pilihan anggota dalam akun tersebut untuk melanjutkan pembukaan Rekening. Apabila Anggota akan menggunakan Rekening yang sudah dimiliki (rekening lama) maka anggota mengajukan upgrade ke Rekening Taplus Bisnis (Rekening terintegrasi dengan KTA). Setoran awal minimal sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu Rupiah).
  5. Pengambilan KTA INI akan mendapatkan pemberitahuan dari Pihak BNI46.                    

B. ANGGOTA YANG SUDAH TERDAFTAR TETAPI BELUM MEMILIKI PASSWORD  :

  1. Login di website ( http://ini.id/ ) dengan memilih menu "MASUK" kemudian masukkan USER NAME (alamat email) lalu klik “LUPA PASSWORD” dan kembali memasukkan alamat email yang sama untuk pengiriman link perubahan password.
  2. Anggota masuk ke alamat email dan mengikuti langkah perubahan password pada link yang disediakan.
  3. Anggota Login kembali di website ( http://ini.id/ ) dengan memilih menu "MASUK" lalu anggota diminta untuk memperbaharui data termasuk data Wilayah, Pengda, pilihan Kantor Cabang BNI terdekat dimana KTA INI akan diambil/diproses dan” WAJIB” mencentang/memberi tanda (Ö) pada kotak Permohonan KTA INI. Anggota wajib mengunggah (upload) SK, BA, KTP dan pas foto dan kemudian klik submit.
  4. Anggota yang sudah melengkapi pengisian data sebagaimana angka 3 dan klik submit, akan mendapatkan Nomor KTA INI oleh PP-INI. Kemudian anggota dapat mengunduh Surat Pengantar Permohonan KTA dengan meng-klik “Cetak Pengajuan KTA” pada halaman Beranda.
  5. Surat Pengantar Permohonan KTA diserahkan kepada BNI sesuai Cabang pilihan anggota dalam akun tersebut untuk melanjutkan pembukaan Rekening. Apabila Anggota akan menggunakan Rekening yang sudah dimiliki (rekening lama) maka anggota mengajukan upgrade ke Rekening Taplus Bisnis (Rekening terintegrasi dengan KTA). Setoran awal minimal sebesar Rp. 500.000,00 (lima ratus ribu Rupiah).
  6. Pengambilan KTA INI akan mendapatkan pemberitahuan dari Pihak BNI46.

C.  ANGGOTA YANG BELUM TERDAFTAR  

  1. Masuk pada menu “Keanggotaan” di website ( http://ini.id/ ) dan klik “Pendaftaran Anggota”. Anggota akan diminta memasukkan email yang aktif (email utama) dan klik “CARI” untuk melanjutkan pengisian pada halaman Formulir Pendaftaran Notaris.
  2. Anggota wajib melengkapi isian data yang diminta dan mengunggah (upload) SK, BA, KTP dalam format DOC, DOCX, XLX, XLXS, atau JPG file. Pengunggahan dapat dilakukan sekaligus dengan menyertakan minimum 3 file secara berbarengan. Ukuran per 1 file adalah maksimal 2MB. Kemudian anggota mencentang pada Pernyataan sebelum klik “Kirim Formulir”.
  3. Admin akan memverikasi data isian anggota dan kemudian mengirimkan password ke email anggota yang telah terdaftar pada website.
  4. Langkah selanjutnya mengikuti alur pada poin “A. ANGGOTA YANG SUDAH TERDAFTAR DAN MEMILIKI USER NAME (Email) & PASSWORD” di atas.

PP INI tidak memungut biaya dalam penerbitan KTA INI.

 

Jakarta, 7 November 2017

 

PENGURUS PUSAT

IKATAN NOTARIS INDONESIA